7 Cara Agar Awet Mudah dengan Bahan Rumahan


Ingin selalu tampil awet muda merupakan idaman semua wanita. Namun, manusia tak bisa menghalangi faktor-faktor penuaan seperti kerutan yang mulai muncul. Salah satu cara agar dapat terlihat lebih muda adalah dengan memperlambat penuaan.

Metabolisme tubuh melepaskan oksidan atau radikal bebas yang ketika mulai menumpuk akan menyebabkan tanda-tanda penuaan. Sama seperti apel, ketika dibiarkan di tempat terbuka tanpa kulit, maka akan cokelat dan membusuk.

Untuk mencegah terjadinya penuaan dini, kebanyakan wanita memang biasanya menggunakan cara yang instan seperti dengan membeli kosmetik atau alat kecantikan wajah. Tapi tidak ada salahnya Anda mencoba 7 resep alami untuk memperlambat penuaan dini dibawah ini :

1. Madu

Madu adalah salah satu pelembab alami terbaik dan kaya antioksidan. Itu sebabnya, madu sering digunakan sebagai kosmetik.

Siapkan ½ sendok makan madu organik lalu oleskan madu di wajah dan leher. Pijat lembut menggunakan gerakan melingkar. Biarkan selama 20 menit dan bilas wajah dengan air hangat. Lakukan setiap dua hari sekali.

2. Kentang

Kentang merupakan sumber vitamin C yang kaya dan bisa memperlambat penuaan. Vitamin C membantu regenerasi kolagen untuk menghambat garis-garis halus dan keriput.

Siapkan 1 kentang kecil dan kapas. Parut kentang dan peras sarinya ke dalam mangkuk kecil. Rendam bola kapas ke dalam sari kentang dan olesi dengan lembut di seluruh wajah dan leher. Biarkan selama 20 menit dan bersihkan dengan air dingin. Gunakan dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

3. Pisang

Pisang mengandung senyawa anti penuaan seperti vitamin A, B, dan E, dan mineral penting seperti potassium dan seng yang membantu mempertahankan cahaya.

Siapkan 1 pisang, 1 sendok makan air mawar, 1 sendok teh madu, 1 sendok teh yogurt. Tuang dalam mangkuk sedang, potong dan tumbuk pisang sampai menjadi pasta yang halus. Tambahkan madu dan air mawar, lalu aduk rata. Tambahkan yogurt. Gunakan sikat untuk diaplikasikan ke wajah dan leher. Biarkan selama 20 menit dan bilas dengan air dingin. Lakukan dua kali seminggu.

4. Wortel

Wortel kaya vitamin A yang membantu regenerasi kolagen, sehingga bisa memudarkan keriput. Vitamin C di dalamnya efektif menghilangkan garis-garis halus.

Siapkan 1 wortel kecil, 1 kentang kecil, 1 sejumput kunyit, 1 sejumput baking soda, dan air. Lalu rebus wortel dan kentang, potong menjadi kecil-kecil. Campur hingga menjadi seperti saos pasta. Tambahkan kunyit dan baking soda dan tambahkan air secukupnya. Gunakan kuas di seluruh wajah dan leher. Biarkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan 2 kali seminggu.

5. Santan Kelapa

Santan bersifat antiinflamasi dan kaya antioksidan. Santan membantu peremajaan kulit, membuat kulit halus dan juga mengurangi garis-garis halus dan keriput.

Siapan 3 sendok makan santan dan kapas. Rendam kapas dengan santan kelapa dan oleskan ke seluruh wajah. Biarkan di kulit selama 15 menit dan bilas dengan air dingin. Gunakan resep ini tiga kali seminggu.

6. Pepaya

Pepaya mengandung enzim yang disebut papain yang membersihkan pori-pori tersumbat. Siapkan potongan papaya matang.

Buatlah pasta papaya lalu tambahkan sedikit air. Oleskan di wajah dan leher biarkan 20 menit kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan 2 kali sepekan.

7. Yogurt

Yogurt mengandung asam ringan yang disebut asam laktat dan membantu mengecilkan pori-pori. Yogurt juga bisa mengencangkan kulit.

Siapkan 2 sendok teh yogurt, 1 sendok teh madu, dan 1 sendok teh lemon, serta vitamin E kapsul serta kunyit. Campurkan jus lemon, yogurt, madu, dan kunyit sampai menjadi pasta. Buka kapsul Vitamin E aduk sampai tercampur rata. Oleskan pada seluruh wajah dan leher. Biarkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat. Lakukan 3 kali seminggu.

0 komentar:

Posting Komentar