Yuk, Puasa Lagi Seperti Saat Ramadhan, Ini Manfaatnya!

Puasa. Kegiatan menahan dan mengendalikan diri dari segala hawa nafsu ini dilakukan umat Islam pada bulan suci Ramadan. Tapi, berpuasa juga boleh dilakukan di waktu selain bulan Ramadan.

Sebagian orang tetap berpuasa di luar bulan Ramadan untuk kesehatan. Puasa dianggap sebagai salah satu cara untuk menurunkan berat badan dengan cepat, aman, dan sehat. Baca juga: Ingin Terhindar dari Jerawat, Rajinlah Puasa

Sejatinya bukan itu saja manfaat berpuasa. Masih ada kegunaan luar biasa lainnya dari berpuasa, terutama bagi kesehatan seperti :

1. Meningkatkan fungsi otak

Puasa memiliki banyak efek positif bagi otak. Protein yang disebut faktor neurotropika yang diturunkan dari otak membantu mengembangkan neuron yang lebih sehat dan peningkatan komunikasi antara sel saraf. Dengan begitu, puasa menurunkan risiko penyakit seperti alzheimer, demensia, dan depresi.

2. Membersihkan peredaran darah
Penuaan telus berjalan secara alamiah dan siapapun tak dapat menyangkalnya. Yang menakjubkan adalah, puasa mampu memperlambat proses penuaan dengan meningkatkan stimulasi hormon pertumbuhan manusia atau HSH. Puasa juga membantu detoksifikasi darah karena proses pencernaan istirahat dalam jangka waktu tertentu.

3. Mencegah diabetes tipe-2
Puasa dapat memicu sensitivitas insulin yang tinggi, yaitu sejumlah kecil insulin untuk menurunkan kadar glukosa darah, sehingga menurunkan risiko diabetes tipe-2. (selain berpuasa bisa dengan minum air hidrogen)

4. Mengatur rasa lapar
Beberapa orang tidak tahu kapan mereka benar-benar lapar dan harus makan. Puasa bisa membereskan kebingungan tersebut dengan mengatur hormon ghrelin yang merupakan indikator kapan tubuh membutuhkan bahan bakar, yaitu makanan. Dengan demikian rasa lapar dan waktu makan sudah punya jadwal yang tepat.

5. Membantu proses lain pada tubuh
Selama berpuasa, proses pencernaan yang menghabiskan energi paling banyak diistirahatkan. Dengan begitu, tubuh berkonsentrasi pada proses lain, seperti memperbaiki jaringan yang mati atau rusak, membersihkan darah, dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar